Sunday, March 17, 2013

Day 4 - Hello Malacca (Melaka)

Sabtu, 25 Agustus 2012

Sesuai dengan itinerary yang udah gue persiapkan, tujuan hari ini adalah say goodbye for awhile dengan Singapore dan menuju Malacca. Sebenarnya gue awalnya pengen mengikuti tips dari Whatever I'm Backpacker untuk bisa ke Melaka dengan biaya yang murah banget. Tapi karena adanya pertimbangan gue bawa koper dan mungkin akan susah untuk naik turun bus plus transit dan lagi semalam sebelumnya gue ketemu sama sepasang cewek dan cowok Eropa yang mau ke Melaka juga, akhirnya kita pake rute baru dan berangkat bareng. Nah, di sini gue mau say thanks so much ke Mustafa yang udah kasih tau kita gambaran buat naik bus yang bisa ke Melaka. It means that rute yang udah gue cari bareng ama cowok cewek Eropa selama semalaman itu ga jadi dipake (padahal udah begadang buat nyari rutenya, hiks). Ternyata, alternatif lainnya untuk ke Melaka adalah melalui terminal bus di Queen Street Terminal. Arahan dari Mustafa adalah dari Drop Inn (hostel tempat gue stay), kami harus jalan ke arah Seven Eleven di dekat perempatan jalan, dan di depan Seven Eleven ada Bus Stop, dari sana kita naik bus yang menuju ke Queen Street terminal, gue lupa nomor bus nya, teman-teman bisa bertanya dengan orang-orang yang ada di sekitaran Bus Stop. Karena berdasarkan pengalaman gue, orang-orang di sana baik :). Sampai di Queen Street terminal, sempat bingung harus naik bus apa, setelah bertanya-tanya dengan seorang paman Chinese di sana, ia menyarankan kami untuk naik bus 707 dan ternyata pasangan Eropa juga sudah membeli tiket bus 707. Harga tiket bus SGD 22 per orang. Ternyata kami termasuk yang paling terakhir membeli tiket, karena tak lama kemudian, bus langsung berangkat.
Ticket
Queen Street Terminal
Terima kasih kepada Tante berbaju pink yang telah meminjamkan surat kabarnya untuk mengisi kebosanan selama perjalanan :)
Terminal Melaka Sentral

Dari terminal Melaka Sentral, kami naik Panorama Bus dengan tarif RM 1.5 dan kami turun tepat di Stadthuys :)

Stadthuys
Bisa dibilang persiapan ke Melaka tidak terlalu sempurna. Gue sebelumnya tidak booking hostel terlebih dahulu. Karena berpikir pengen coba cari on the spot. Dan ternyata itu salah besar. Mungkin karena gue datangnya pas weekend, suasana Melaka amat sangat ramai ! Perjalanan mencari hostel on the spot susah banget ~ ditambah dengan terik matahari~ setelah keliling kesana kemari dan bertanya ke beberapa hostel yang ternyata sudah full semua, pada akhirnya gue memutuskan untuk stay di sini, sempat bimbang, karena kamar yang masih tersisa adalah mixed dorm, dan gue tentunya pengen yang female dorm. Apa daya, udah capek dan lapar dan lepek perlu mandi, jadinya dela deh dengan hostel ini~

Mixed Dorm ~ Not bad ~ It's clean~
Setelah merapikan barang bawaan (koper) dan mandi, gue langsung keluar dari hostel, ga sabar pengen keliling Melaka !

Tujuan pertama (yang paling dekat dengan hostel) : Cheng Ho Cultural Museum
 Selanjutnya, menuju pusat keramaian~
 Dan, yang wajib di Melaka adalah menikmati sore hari di tepi Sungai Melaka ~
 Banyak toko-toko di Melaka yang menjual berbagai jenis stuff lucu, contonya sepatu kayu yang besar ini~
Ada satu tempat yang menarik perhatian gue, tempat ini berisi kumpulan karya tulisan sastrawan-sastrawan China, amazing~ free entrance~
Mengunjungi Melaka saat weekend ternyata merupakan pilihan yang sangat tepat ! Karena setiap weekend ada Jonker Walk Festival, dimana, sekitar pukul enam sore hari hingga tengah malam, akses kendaraan di Jonker Street akan ditutup dan digunakan untuk festival pasar malam. You must try it! Have so much fun in this place !

Dan malam itu diakhiri dengan menikmati pemandangan Sungai Melaka. Malacca, amazing you !