Tuesday, June 23, 2015

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)


Liburan bareng ke luar negeri yuk !

Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan mulai dilakukan. Kali ini ngga main-main loh, walaupun belum tahu negara tujuannya. Dari gencar browsing tiket yang akhirnya menentukan tempat tujuan sampai dengan booking hotel, tiket atraksi hingga bikin detail itinerary. Semua dirembuk barengan. Hmm, sebenarnya mostly Rafike, Kristi dan Galuh sih yang lebih berkontribusi, sisanya lebih kayak tim suporter, hehehe. 

Tujuan dan jadwal
Macau - Shenzhen - Hongkong. 04 - 11 June 2015.
Ada yang sadar kalau tujuan kami sepertinya terbalik dari yang biasanya sering kita dengar? Iya, emang kebalik. Harusnya kan Hongkong - Shenzhen - Macau. Tapi maklum aja lah yaa, soalnya dapat tiket murah nya versi Jakarta - Macau dan HK - Jakarta nih. Tiket PP kita beli sekitar bulan Agustus 2014. Kebayang kan niat kita buat liburan ini udah menggebu-gebu banget ? :p

Personil
Personil untuk trip kali ini ada enam orang. Gue, Kristi, Galuh, Rafike, Pradita dan Letsa. Sayangnya, Rafike tiba-tiba gugur karena doi dapat kerjaan baru yang ga memungkinkan untuk bisa cuti di jadwal keberangkatan kami. Si Pradita juga hampir gugur karena kerjaan baru, tapi untungnya terselamatkan, karena ternyata doi baru mulai masuk pas kami udah balik dari Hongkong. Ini salah satu kelemahan kalau merencanakan trip jauh-jauh hari sih, kondisinya unpredictable. Jadilah sisa berlima aja yang dipastikan tetap berangkat.

Detail persiapan
Karena masih ada waktu sekitar satu tahun, jadi bisa mulai nyicil pelan-pelan. Beli tiket dulu, bulan berikutnya booking hotel di Macau, bulan berikutnya lagi booking hotel di Shenzhen, Hongkong, tiket Disneyland, beli bagasi, tiket Ngong Ping, dan lain sebagainya, yang bisa kami cicil dulu dari Jakarta. Supaya ga kaget pas hari H. Dan ternyata cara ini beneran efektif loh, jadi ga merasa terlalu berat harus ngeluarin uang sekaligus banyak pas lagi trip. Satu-satunya yang salah prediksi cuma masalah exchange rate. Karena kami sempat hold terus, berharap dapat rate murah, namun ternyata rate nya naik terus :(. Kami tukar uangnya pas akhir Mei 2015, dapatnya : MOP 1:1,698 - CNY 1:2,12 - HKD 1:1,709, Ringgit 1:3,650.

Itinerary
Terimakasih kaka Kristi yang udah bikinin detail itinerary yang super ini ! Selama delapan hari perjalanan kami, hampir semuanya on track dan on time sesuai dengan itinerary. Ada sih beberapa tempat yang akhirnya batal kami datangi dan ada juga yang ga sesuai dengan waktu yang udah ditentukan. Tapi gue merasa benar-benar terselamatkan berkat itinerary yang detail ini :D
Itinerary di atas menurut kita udah oke banget, tapi tetap masih bisa dimodifikasi lagi sesuai keinginan, biasanya kan kalau di bandara atau di hotel, ada maps atau brosur tentang tempat menarik gitu, nah mungkin bisa ditambahkan ke dalam itinerary jika mau. Kebetulan di itinerary kita, lumayan banyak kok waktu santai nya :D

Sebagai bonus, ini juga ada rekapan hasil searching kaka Kristi untuk rekomendasi makanan yang kudu dicobain kalo sempat.

Detail budget
Budget untuk trip delapan hari ini kurang lebih kayak gini (itungan untuk 1 orang yaa~):
Hitungan di atas ga pasti akan sama persis, karena tergantung rate dan juga budget lainnya yang belum include, misalkan top up saldo kartu MTR, beli snack, oleh-oleh dan makanan yang dipesan. Tapi kurang lebih actualnya kita spendingnya mendekati dengan budget :)

Cerita lengkap
Kejar tayang nih gue nulis ceritanya, padahal masih fresh, tapi ternyata banyak juga yang udah gue lupa detailnya. Kemudian berhubung kejar tayang, jadinya semakin ke belakang gue jadi semakin kehabisan ide untuk nulis ceritanya, kebanyakan mejeng foto-foto aja deh akhirnya. Harap maklum yaa. Mungkin kalau nanti ada waktu kosong lagi, gue bakal tambahin lagi isi ceritanya. Oh ya, fyi, foto-foto yang gue pakai di cerita sebanyak delapan chapter ini mostly credit to Galuh, gue cuma bagian edit aja hahaha, tapi ada beberapa foto juga yang gue ambil dari hasil jepretan Kristi dan gue sendiri. 
Kindly click on the link below yaa untuk detail cerita lengkap nyaa :
(Prologue) : 8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong
Chapter #1 : Travelling....
Chapter #2 : To travel is to take a journey into yourself (Danny Kaye)
Chapter #3 : I'm going to see the world.
Chapter #4 : Happy happiest birthday !
Chapter #5 : If you can dream it, you can do it (Walt Disney)
Chapter #6 : City lights will guide you home.
Chapter #7 : What I learned about life.
Chapter #8 : Eat. Pray. Laugh. With them.
8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Epilogue)

and at the end, I would like to say..see you guys on the next trip ! ;)


Travelling is the only thing you buy that makes you richer"

No comments:

Post a Comment

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...