Monday, September 26, 2016

[#GegabahTrip] Chapter 2 : The unspoken bond between us.

Selasa, 17 Mei 2016

First, let me tell you a funny story that happened this morning.

Si Letsa itu kan punya rekor mandi paling lama, maka dari itu, kita semua punya satu aturan main sejak tahun lalu, yaitu, kalau pagi, Letsa mesti bangun jauh jauh jauh (mesti banget nyebutnya ampe tiga kali) lebih pagi daripada yang lain dan mandi duluan, sedangkan kalau malam, dia mesti berada di urutan paling terakhir kalau mandi, karena kalau doi mandi duluan, bisa-bisa yang lain udah keburu ketiduran semua haha (peace yaa Sa). Karena aturan ini, biasanya Letsa bakal bangun pagi banget. Nah, pagi ini, eh tepatnya subuh ini, dalam posisi masih tidur, gue sayup-sayup denger ada suara ketokan pintu, awalnya gue kira gue salah dengar, karena pas gue lihat hape, masih pagi banget, baru sekitar jam 5, jadi gue biarin aja, tapi kok makin lama suaranya makin jelas. Gue melirik ke bed sebelah, Kristi masih tidur, terus di bawahnya, Ocha juga masih tidur, terus gue cek bed bawah gue, si Letsa....kagak ada ! Jadi, yang ngetok pintu dari tadi...astaga ! Gue langsung bergegas turun dari bed dan buka pintu, nongol deh muka innocent ala si Letsa. Doi abis mandi, cuma entah gimana caranya, pas keluar kamar, doi bikin pintu kamar kekunci dari dalem. #gegabah sekali kamu, Sa. HAHA.

Oke, back to the topic, mari kita mulai perjalanan hari ini !

Berhubung transportasi di Jeju lumayan susah untuk bisa menjangkau banyak tempat sekaligus, kami memutuskan untuk sewa mobil dan driver aja buat explore Jeju di hari kedua. Tapi karena drivernya baru akan jemput kami pada pukul 9, jadi sebelum itu kami masih sempatin buat jalan-jalan sendiri dulu sekalian cari sarapan. Tujuan pertama, Dongmun Market ! Berhubung petunjuk untuk opsi naik bus kurang jelas, jadi kami naik taksi deh. Kalau di HK tahun lalu, gue masih bisa berkontribusi dalam urusan bahasa pas komunikasi, kali ini, kami cuma bisa mengandalkan Google dan Google Translate. Haha. Buru-buru googling Dongmun Market, keluar tulisan Hangeul, tunjukin ke sopir nya. Bravo, sampai deh di Dongmun Market.

Tapi...bayangan akan stall-stall makanan enak yang berjejer di dalam market tetiba buyar begitu kami turun dari taksi yang berhenti persis di depan Dongmun Market. KOK SEPI DAN KOSONG. Yang terlihat di mata hanyalah para ajumma dan ajusshi yang lagi mengurusi segala jenis dagangan mereka, mulai dari sayur, ikan sampai dengan buah-buahan. Sedangkan toko-toko dengan papan nama berisi gambar makanan, tutup semua, alias belom buka. Dengan sisa-sisa harapan, kami mencoba untuk mengitari pasar ini, siapa tau apa yang ingin kami cari ada di bagian lain. Namun, setelah keliling beberapa putaran dan sampai di ujung jalan sebelahnya, kemudian mencermati nama pasar yang ada di atas plang, barulah kami ngeh. Dongmun Night Market. Sekali lagi. DONGMUN NIGHT MARKET. Selamat, kami kena zonk :(

Lupa juga sih kenapa kami bisa masukin di Dongmun Market ini ke dalam itinerary di pagi hari, haha. Terus, capek muter-muter, perut tambah lapar nih. Jadi gimana donk ?. Lihat sekeliling, tetiba beberapa plang toko di seberang jalan yang ada tulisan "coffee", memberikan kami secercah harapan. Oke, cus nyebrang dengan penuh semangat. Tapi, sayangnya, kami kena zonk lagi, semua kedai sarapan baru pada buka sekitar pukul 10 atau 11. Yawlaah, itu sih udah bukan breakfast kali, udah brunch atau sekalian lunch aja dah :( Jadii piyee donk ?.

Tenang, kami kan punya Ocha ! berkat kecerdasannya, akhirnya kami bisa kok menikmati sarapan dengan menu yang enak banget ! Gimana caranya ?. Jadi, pas udah hopeless jalan terus ga nemu tempat makan yang buka, si Ocha tiba-tiba punya ide buat mampir ke salah satu guesthouse yang kami lewati, terus nanya ke orang guesthouse kira-kira di sekitar sana ada tempat makan apa yang buka. Baiklah, mari kita adu peruntungan. Krucuk-krucuk masuk ke guesthouse yang paling dekat, terus muncul satu cewek cakep nanya kami butuh apa. Syukurlah, English doi mayan lancar, jadi ga ribet buat nanya. Setelah Q&A beberapa saat, akhirnya kami dapat clue mau makan dimana. Kata si Eonni, ada satu kedai Guksu yang lumayan terkenal dan enak di sekitaran sana, tapi lebih disarankan untuk naik taksi aja berhubung kami jumlahnya berempat. Saking baiknya, si Eonni ampe nulisin nama tempatnya di kertas buat kami kasih liat ke sopir taksi. Kamsahamnida, Eonni !

Untung sih beneran naek taksi, jauh banget cuy tempatnya kalau jalan kaki. Tempatnya ga gitu gede sih, cuma ada beberapa meja buat dine in and we are so lucky since we can directly have a seat ! Ga lama pas kami duduk, di luar udah mulai banyak orang yang antri nunggu waiting list. Menu di sini ga terlalu banyak kok, jadi ga ribet milihnya. Mungkin karena lapar atau mungkin karena emang beneran enak, yang jelas gue sih menikmati banget. Teksture mie-nya lembut dan kuahnya juga ga terlalu berminyak, ohya, mesti tambah rumput laut sih menurut gue biar rasanya lebih mantap.

Perut kenyang, hatipun senang. Siap donk untuk explore Jeju ! Eh tapi, kudu balik ke guesthouse dulu nih buat ketemu sama si driver dan mobil. Namun, sepertinya tadi kami terlalu fokus untuk cari makan, tanpa memikirkan gimana cara baliknya. Sesuai yang udah pernah gue singgung sebelumnya, salah satu hal yang lumayan bikin ribet di Jeju selain bahasa adalah transportasi, karena belum ada train system, jadi mostly cuma bisa mengandalkan bus atau taksi. Di saat gini, keputusan kami untuk sewa SIM card memang merupakan pilihan yang tepat sekali. Didukung oleh koneksi yang kenceng, jadi masih bisa mengandalkan Google Maps untuk cari rute bus yang bisa diikuti. Hanya saja mesti teliti dan sabar, ga semudah itu maen langsung mengikuti Google Maps, karena kita mesti nyocokin Hangeul nya dulu since di Google Maps entah kenapa ga muncul English nya. Urusan beginian, tentunya kami serahkan pada...Ocha, donk :D

Begitu sampai di SUM, si driver udah anteng nungguin di lobby dan sesuai dengan apa yang kami prediksi dan takutkan sebelumnya, si driver nya bukan Mr. Han, donk. Jadi ceritanya, pas kami searching driver yang direkomendasikan untuk perjalanan di Jeju, muncullah nama Mr. Han sebagai referensi yang paling banyak. Katanya, Mr. Han komunikasinya oke dan semua pada puas dengan tour service nya. After komunikasi lewat email dengan si Mr. Han, kita juga deal pake jasa dia. Tapi selain banyak yang rekomendasiin, ada juga turis yang kecewa karena ternyata ada kemungkinan bagi kita (khususnya yang cuma sedikit anggotanya) di-php-in sama Mr. Han, di hari H, bookingan-nya malah dioper ke driver lain dengan alasan si Mr. Han mesti bawa grup lain. Seperti apa yang terjadi pada kami saat ini. Tapi, berhubung udah ada prediksi akan hal ini sebelumnya, jadi ya ga kecewa-kecewa banget deh.

Sebelum berangkat, masih sempat untuk foto-foto suasana di SUM sembari nunggu si Letsa ngambil barang di kamar.

Gue ga tau apakah ini berlaku untuk semua apa ga. Tapi, bentukan mobil rental yang kami dapat bukanlah mobil biasa melainkan adalah taksi. Kalau ga salah, nama driver kami (yang gantiin Mr. Han) ini adalah Mr. Kim. Kami lalu menunjukkan beberapa tempat yang ingin kami datangi di hari kedua ini kepada Mr. Kim dan dia cuma bilang ok-ok doank, ga ngerti juga bakal bisa dapat semua apa ngga.

Tujuan pertama adalah Manjanggul Cave. Pas nyampe dan mau jalan masuk, si Mr. Kim kan ngeliat gue bawa kamera, langsung maen nyamber kamera gue dan jepret-jepret. Terus nyuruh kami ga perlu liat kamera, biar ala-ala candid gitu. Tapi entah karena si Mr Kim emang ga niat dan asal jepret atau emang kami bukan bakatnya jadi model, ga ada foto yang berhasil sih menurut gue, haha, jadi ga gue pajang deh ya di sini.

Konon katanya, Manjanggul Cave ini adalah gua yang cantik banget, terbentuk dari aliran lava gunung Halla, dan dibuka untuk umum dengan panjang gua sekitar 1 km. Gua ini juga merupakan salah satu situs peninggalan dunia UNESCO. Harga tiket masuknya cuma KRW 2,000 per orang. Oh ya, saran gue, kalau mau datang ke Manjanggul Cave, bawalah mantel atau at least pakailah baju setebel mungkin. Karena tempat ini DINGIN BANGET ! Dinginnya ampe ke tulang-tulang. Tangan dan jari gue ampe berasa beku, pas mau nekan tombol kamera aja udah kayak mati rasa gitu.

Tapi ga bisa dipungkiri, gua (re: Manjanggul Cave, bukan akuuu, sok ge-er) ini bagus dan cantik banget. Walaupun sekeliling isinya cuma dinding doank, tapi di beberapa spot, ada pantulan warna-warni di langit-langit nya yang bagus banget, ditambah suara tetesan air yang jatuh ke lantai dan suara-suara yang bergema. Namun, saking dinginnya, kami akhirnya memilih untuk putar balik dan keluar aja, artinya kami ga jalan ampe ujung, jadi ga tau di ujung gua ada apa. Next time kalo ada kesempatan ke sini lagi, mesti persiapan dulu nih pakai yang tebel-tebel.

Suasana begitu keluar dari gua....HANGAT !

Next stop, Woljeong-ri Beach ! Masuk dalam itinerary kami simply karena teracuni oleh gambar di web visit Korea ini (yang pastinya udah dipermak biar tjakep lha ya) dan posisinya lumayan dekat dengan Manjanggul Cave. Tapi mungkin karena gue aselinya gede dan tinggal di daerah pantai yang udah bagus banget, jadi ekspektasi akan pantai selalu tinggi kali ya, dan menurut gue, Woljeong-ri beach biasa aja sih. Keunggulannya cuma pantainya masih bersih dan banyak cafe-cafe unyu berjejer di pinggir pantai. Tapi beneran ada kursi warna-warni yang lumayan instagram-able sik, hanya saja berhubung waktu kami tak banyak di sini, jadi bagian ini di-skip deh. Sebelum lanjut ke tujuan utama hari ini, kami sempat mampir ke salah satu cafe buat beli kopi, karena efek dingin Manjanggul Cave masih berasa banget, ditambah lagi angin pantai yang seerr dinginnya.

Rencana awal kami adalah sebelom ke Seongsan Ilchulbong, mau lunch dulu di sekitaran Woljeong-ri beach, tapi ga nemu pilihan yang menarik. Terus, bodohnya adalah ada harapan kalau si Mr. Kim bakal kasi referensi tempat makan yang oke. Kenyataannya ?. Setelah muter-muter ga jelas, berhenti di satu tempat terus komen tempat itu kemahalan, doi lanjut lagi muter-muter dan begitu terus jalan ceritanya, akhirannya sih si mister emang ada referensiin satu tempat yang dekat Seongsan, tapi kek nya itu tempat doi biasa ngajak turis ke sana deh dan yang paling utama...makanannya dak berkesan :(

Tapi tetep mesti pasang muka happy donk kalau lagi foto :D

Walaupun makanannya dak berkesan, yang penting cukup kenyang, biar ada tenaga buat perjalanan berikutnya, karena kami akan mendaki naik ke puncak Seongsan Ilchulbong ! Kesannya tinggi banget ya, huehehe, padahal aselinya cuma 182 m sih, cuma untuk ukuran orang mager kayak gue, cukup bikin ngos-ngosan. Untungnya udaranya sejuk, jadi ga bikin keringatan (ini sehat ga ya btw ?). Sayangnya, berhubung kami datangnya udah bulan Mei, alhasil pemandangannya udah ijo-ijo semua, kalo pas lagi autumn or spring, pasti bagus banget kali ya ?

Tapi, mau sebagus apapun pemandangan yang kita lihat dan perjalanan yang kita lalui, itu semua tidak akan sempurna kalau ga ada sahabat-sahabat yang selalu bisa klop sama kita dalam semua kondisi. Ya ga ? :)

Seongsan Ilchulbong dikenal juga dengan nama Sunrise Peak, dan sepertinya waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini pasti pas matahari terbit, yak.

Sesuai dengan tulisan gue di atas, waktu yang dihabiskan untuk bisa mencapai puncak Seongsan ini pasti ga lama, karena sebenarnya ga tinggi-tinggi banget. Ga percaya ? Lihat nih foto di bawah. No hoax kok ~ ada pics nyaa :D

Pemandangan dari atas juga cakep banget, totally amazing

Setelah puas foto-foto dan tentunya pasti ada aja kerjaan sampingan permintaan untuk bantu fotoin kelompok turis lainnya, tibalah waktunya kami untuk turun dan cari spot untuk

foto ala-ala ~~~~

Ngeliat hamparan rumput ijo-ijo kayak gini, tentunya hasrat untuk foto ala-ala semakin terpicu dong. Tadinya sih mau versi yang bebaringan dengan tampang ceria, tapi kek nya terlalu ekstrem, secara lagi rame banget haha, jadilah ala-ala yang paling andalan ajah ~

Kalau sesuai itinerary, seharusnya sih abis dari Seongsan, kami mestinya ke daerah Seogwipo-si, tapi kata Mr. Kim perjalanan pulang pergi bakal jauh dan makan waktu banget. Jadilah mendadak kudu nyari alternatif lain dan Cheonjiyeon Waterfall pun menjadi pilihan yang paling idealis, walaupun ternyata perjalanannya juga lumayan jauh sih untuk sampai ke sini.

By the way, kalau masih pada ingat sama cerita hari pertama kami di Jeju, kan ada tuh bagian pas kena php di Teddy Bear, kami niatannya mau ke Cheonjiyeon Waterfall, tapi ga nemu-nemu, padahal kata beberapa blogger, si waterfall ini dekat banget ama Teddy Bear. MAKANYA JANGAN MUDAH PERCAYA KATA ORANG DONG SIS! Haha, Ya iyalah ga bakal nemu, karena ternyata yang dekat sama Teddy Bear itu namanya Cheonjeyeon, bukan Cheonjiyeon. Beda satu huruf doank kakaaak :((

Menurut gue, Cheonjiyeon Waterfall ini lebih mirip park yang gede dengan bonus secuil air terjun sih. Cocok buat jalan-jalan sore buat yang tinggal di dekat sana. Tapi buat yang datang dari jauh, mungkin akan berpikir lagi kalau mau datang untuk kedua kalinya. So, dengan deskripsi demikian, bisa ditebak kalau waktu yang kami habiskan di tempat ini juga tidak lama. Selain itu juga karena waktu rental mobil kami hampir habis juga. Kalau diitung-itung, misalkan kami balik ke guesthouse ikut mobilnya Mr. Kim, pasti bakal overtime dan mesti nambah ongkos sewa dan juga nambah pusing karena si Mr. Kim rada bawel, semangat ngobrol (dengan english versi Korea campur Jepang-karena doi aslinya orang Jepang-) nya terlalu membara, yaa mungkin maksudnya biar kesannya friendly kali ya. Tapi kami mabok sama bahasanya, haha. Setelah musyawarah bersama dan mencapai kata mufakat diskusi bareng dan nanya-nanya tourist information, jadilah, kami ubah rencana. Dengan bermodalkan satu gambar tempat makan (yang kata blogger lain sangatlah recommended) yang cuma ada nomer teleponnya, kami memutuskan untuk minta si Mr. Kim buat nganterin dan drop kami di tempat itu aja, setelah itu beliau bisa langsung pulang sendiri dan kami juga bakal pulang sendiri. Gampang kan ?. Oh, tentu saja tidak semudah itu, Mr. Kim kekeuh banget bilang mau nungguin kami dan tetap nganterin pulang (tentunya dengan catatan mesti tambah overtime), alasannya karena kami pasti akan susah cari kendaraan umum untuk pulang dll. Ngotot kali si mister. Then, out of nowhere kami bilang kalo ada teman yang bakal ketemuan dengan kami di tempat makan itu dan bakal nganterin kami pulang (terkadang, berbohong itu adalah untuk demi kebaikan bersama), tapi si Mr. Kim ini skeptisnya yawlaaah, udah melebihi ke-skeptis-an kami sebagai auditor ! Mulai dari nanya nama teman kami siapa, tinggal dimana, gimana caranya dia bisa nganter kami, gimana caranya kami bisa punya teman di Jeju. Derita sis !

Setelah Q&A yang tak berujung sepanjang perjalanan, akhirnya kami bisa juga meyakinkan si Mr. Kim untuk drop kami di tempat makan yang ingin kami tuju. Walaupun sampai di tujuan pun beliau masih tetep kekeuh bilang mau nungguin. Terlalu maksa :( Byeee, Mr. Kim, bhayy !

Oh ya, tadi gue kan bilang kalo petunjuk tempat makan ini cuma nomer telepon, karena sisanya cuma tulisan Hangeul yang tentunya tidak dimengerti oleh kami. Nah, ternyata si nomer telepon ini bisa dijadiin sebagai koordinat GPS. Cool banget, yak ! Jadi tinggal di key-in ke navigator buat dapetin petunjuk arah ke sana.

Sesuai dengan nama tokonya yang cuma ada tulisan Hangeul, menu makanannya pun cuma tersedia dalam Hangeul (atau mungkin ada English menu tapi kami dak dikasih ?). Untungnya, ada satu pelayan di sana yang bisa Chinese. Jadi lumayan deh bisa mempermudah komunikasi.

So here comes the Black Pork you should try in Jeju !

Bedanya apa sama pork biasa ?. Oh, im not expecting you will answer that black pork is item dan pork biasa is putih, ya. Haha. Sejujurnya gue sendiri juga ga tau sih perbedaan general nya apa, tapi in terms of rasa, bedanya ama daging babs yang biasa gue makan, black pork ini lebih empuk dan enak. Side dish nya juga banyak dan enak dan bisa refill sepuasnya (kecuali rumput lautnya). Yang ga enak tentu adalah harganya donk. Per orang mesti rogoh kocek ampe KRW 22,200 untuk bisa menikmati hidangan di bawah ini! Maheul yak. Tapi, puas sih, hehe.

Oke, kelar urusan perut, berikutnya kami kudu cari cara agak bisa kembali ke guesthouse dengan selamat sebagai perfect ending kami untuk hari ini. First attempt, tanya orang restoran, gagal, karena pada ga tau transportasi umum buat balik ke downtown. Last hope, Google Maps dan voila, nemu rute bus ke downtown dengan halte yang lumayan dekat, yay !

Setelah nunggu lama banget, dari yang happy faces wefie-an terus ampe was-was takut kena tipu mbah Google karena bus yang tak kunjung datang dan langit yang mulai berubah jadi gelap serta jalanan yang semakin kosong melompong, akhirnya si bus yang kami nantikan tiba juga. Tak kirain bakal jadi anak ilang di Jeju, hehe.

Setelah satu jam lebih, akhirnya bus yang kami naikin nyampe juga di halte dekat guesthouse. Jauh banget ternyata buat nyampe ke downtown. Ga kebayang deh gimana nasib kami, kalo tadi beneran ga nemu transport buat pulang.

Well then, perfect ending ?
Oh, tentu tidak ~

Karena kami masih punya dosa dan tanggung jawab yang sangat besar terhadap Letsa. Honestly, di hari kedua ini si Letsa agak tertindas sih, karena mostly pilihan tempat makan kami is a big no for her. Jadi doi cuma bisa liatin dan nungguin kami makan. Maapkeun ke-khilaf-an kami ya, Sa. Sebagai penebus dosa, kami rela dan ikhlas kok jalan kaki 1 kilometer malem-malem buat nemenin kamu nyari...McDonalds ! Jadiii, kamu tetap sayang kan sama kita-kitaa ?. Taruhan ama gue, si Letsa pas baca ini pasti lagi senyum-senyum dan pengen langsung whatsapp gue terus bilang gini : "ciiiiik, aku sayang koook sama kaliaaan". Kenapa gue bisa tau ?. Karena Kristen Sarah pernah bilang gini....

There is an unspoken bond you create with the friends you travel with.

Love you, girls !

1. Rituit Ike, I wish I were thereee :(((((
    Highlight of the day, (tetep) sepatu Letsa, Kaka Ocha the Hero <3

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...