Monday, September 26, 2016

[#GegabahTrip] Chapter 1 : We are ready for Monday !

Minggu, 15 Mei 2016

Di penghujung hari Minggu, biasanya kebanyakan orang pasti punya rasa gundah galau gelisah. Apalagi kalau bukan karena harus menghadapi kenyataan bahwa setelah bangun tidur, udah hari Senin lagi aja, yang artinya mesti kembali menghadapi kerasnya kehidupan demi sebongkah berlian. Jadi, bayangkan betapa ngeselinnya gue jika di saat sebagian besar teman gue mulai update social media dengan meme-meme sedih kalau besok udah hari Senin, gue malah ngepost begini...


HAHAHAHAHA

By the way, kalau tahun lalu pemenang koper terberat adalah Letsa, kali ini....yaa tetap Letsa. Gue heran sih, ini anak kok ya ga belajar dari pengalaman dan mendengarkan petuah-petuah dari kita sih ? Tapi gapapalah, ngeliatin doi gerek-angkat-gerek-angkat koper juga merupakan salah satu hiburan kami kok. Pertahankan ya, Sa !
Tebak yang mana punyanya si Letsa !
Cute travel accessories from Sarah
Puji Tuhan, dari proses check-in sampai take off, semuanya berjalan lancar dan ontime ! Bersyukur banget kali ini bisa dapat direct flight sampai tujuan dengan maskapai kebanggaan Indonesia dan dengan harga yang oke banget, walaupun agak pegel sih duduk selama enam jam dengan posisi yang gitu-gitu aja, tapi at least ga perlu ribet transit sana-sini. Dan yang bikin tambah sempurna adalah kami pilih flight tengah malem, jadi pas sama waktu tidur :D

Ga lupa, sebelum akhirnya pada terlelap dalam tidur, mari kita wefie dulu !

Senin, 16 Mei 2016

Bagi gue, salah satu hal yang paling menyenangkan ketika berada dalam penerbangan yang durasinya cukup lama adalah pas denger pengumuman kalau sebentar lagi pesawat akan landing ! Sebentar lagi akan ketemu oppa-oppa tjakep, yay ! Before that, let's fasten our seat belt first. Eh tapi, kok gue merasa ada yang aneh ya ?.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
LHA, kok seat belt gue tetiba ilang sebelah ?! 

Gue raba sana sini tetep gak nemu. Aneh banget. Sampai akhirnya gue memperluas area pencarian...ke tempatnya Letsa, yang duduk di samping gue, dan entah pegimana caranya, sebelah seat belt gue nyantol manis di seat belt-nya doi ! dan si Letsa sama sekali ga nyadar udah salah narik seat belt. Haha. Makasih lho, Sa buat opening drama perjalanan kita kali ini ~ 

Kesan pertama begitu sampai di Incheon airport....INI BANDARA KENAPA LUAS BANGET YA ? dan sebagai kelompok mager, tentunya keberadaan eskalator datar adalah penyelamat bagi kami !   
Setelah mengambil bagasi dan lewat imigrasi masuk, hal penting berikutnya tentu aja...rental EG SIM card. EG Simcard ini bisa kita peroleh di counter Olleh (nama provider di Korea) yang ada di arrival hall bandara. Oh ya, kenapa gue bilangnya rental ? karena, kartunya mesti dibalikin lagi pas kita mau pulang. Kalau ga, bakal langsung di-charge ke credit card yang digesek pas proses rental. 

Untuk transportasi, kalau di Singapore ada Ez Link Card, di Hong Kong ada yang namanya Octopus Card, di Korea, pakainya T-Money Card. Kartu ini bisa dibeli di convenience store (GS 25) yang ada di bandara Incheon dan bisa diisi ulang lewat card vending machine yang juga ada di dalam bandara.
Urusan SIM card dan T-Money card kelar, kami langsung mempercepat langkah menuju B1 untuk naik AREX (Airport Railroad Express) ke Gimpo airport, mengejar flight berikutnya. Karena destinasi pertama kami untuk hari ini bukanlah Seoul, tapi Jeju !  
Berdasarkan hasil googling pas trip planning, untuk sampai ke Gimpo airport, mesti naik yang all-stop train, jangan naik yang ke Seoul Station (karena ga bakal berhenti di Gimpo). Oke, laksanakan ! Cukup tapping kartu T-Money, masuk train...sampai deh di Gimpo airport !
Kami mengikuti petunjuk yang ada untuk sampai ke tempat check-in dan walaupun sebelumnya kami sempat was-was ketinggalan pesawat karena terlalu #gegabah memilih langsung terbang lagi ke Jeju dengan waktu yang sangat mepet, tapi ternyata kami masih kepagian kok nyampe di Gimpo nya. Kalo kata orang Indonesia, untung lah yaa. Hehe. Oh ya, another drama pas di sini adalah, khawatir banget nama Ocha ga bisa lewat pas check-in, karena pas beli tiket, lupa pake nama lengkap sesuai passport, ada satu nama belakang yang ketinggalan, hahaha. Sebelumnya kami udah sempat usaha buat contact customer service Jeju Air buat nanyain solusinya sih, tapi entah kenapa ga pernah bisa nyambung kalo ditelpon. Jadi nekat aja deh coba di tempat langsung. Syukurlah akhirnya lolos juga tanpa ditanya yang aneh-aneh. Kalo ngga lewat sih, yaudah deh, bye Cha ! Selamat berlibur di Gimpo airport ~ HAHAHA. (peace cha, you know kami dak akan tega lah yaa ninggalin kamu ~)

Karena semua masih berjalan sesuai dengan itinerary, jadi artinya masih ada waktu untuk santai dan makan siang dulu. Berhubung pas nyusun itin ga ada spesifik nyari tempat buat lunch, jadinya muter-muter dulu dan akhirnya menjatuhkan pilihan pada Food O'clock (sejenis food court) yang lumayan banyak pilihan. Untungnya pas pesan makanan, walaupun udah kelaparan, kami tidak #gegabah, karena ternyata satu porsi aja udah banyak banget isinya ! 
Bibimbapnya ENAK banget ! Sedangkan Japchaenya standar aja sih. Dua porsi untuk empat orang, pas kenyangnya.
Kelar makan, balik lagi ke lantai atas buat ambil nomer bagasi, karena pas check-in, kata petugasnya mesti check bagasi dulu jadi ga bisa langsung ambil nomer. Sembari jalan ke atas, pas melewati pintu keluar masuk dan ngerasain angin yang berhembus masuk, kami baru menyadari satu hal, accuweather beneran ga boong, Korea masih berhawa dingin di bulan Mei ! Brrr ! Baru ngeh pas di sini karena semenjak landing sampai dengan tiba di Gimpo, kami belom pernah keluar ke tempat terbuka buat ngerasain udaranya. Haha. Apa kabar Jeju, ya ?
Oppa-oppa tjakep yang pertama kami temui tentunya adalah...Song Joong Ki, foto nyengirnya doank tapi. Secara posternya sebagai brand ambassador Jeju Air bertebaran di berbagai tempat. Oppa tjakep kedua adalah pramugara Jeju Air ! Mata yang ngantuk langsung jadi seger. Buat yang penasaran ama ke-tjakep-an pramugaranya, bisa contact kaka Kristi, karena doi punya fotonyaa, sedangkan aku, karena terlalu fokus sama ke-tjakep-an nya, lupa fotoo :(  
Penerbangan dari Gimpo ke Jeju kurang lebih memakan waktu satu jam sepuluh menit. Begitu pesawat landed, lihat ke luar jendela, wah matahari terik banget ! Tapi mungkin ini yang namanya apa yang terlihat belum tentu sesuai dengan apa yang dirasa. Aselinya, begitu turun dari pesawat, udaranya DINGIN SEKALI manteman ! Teriknya matahari sama sekali ga memberikan kehangatan yang dirindukan. Langsung ngacir deh masuk ke dalam ruang pengambilan bagasi.

Dengan pertimbangan kalau naik satu taksi, semua koper bakal ga bisa masuk, maka kami lebih memilih naik bus untuk menuju ke hostel. Sesuai petunjuk, kami mesti naik bus nomor 100 dan berhenti di halte Jeju bus terminal. Pas nunggu bus, kata-kata yang keluar terus dari mulut kami berempat : dingin banget, dingin banget, dingiiinn. Siang aja udah sedingin ini, apalagi pas malem :(( 
Guesthouse yang kami tempati selama dua malam di Jeju adalah SUM Guesthouse. Turun di halte Jeju bus terminal, nyebrang jalan pasti ada petunjuk yang ngarahin buat ke SUM. Tinggal jalan kaki bentar doank. Kami sampai jam tiga kurang, sedangkan check-in mestinya jam tiga sore, tapi karena udah mendekati, jadi dibolehin early check-in. Pas booking, sebenarnya pilih yang 4 bed-dormitory, tapi pas nyampe, dikasih yang 6 bed-dormitory, lebih luas deh jadinya, karena isinya cuma kami berempat. In overall, guesthouse-nya comfy banget. Kekurangannya mungkin cuma faktor kamar mandi luar yang hanya ada dua, jadinya mesti rebutan sama tamu lainnya. 
Berhubung dak keringatan, jadi kami cukup cuci muka dan ganti baju aja sebelum cus ke tujuan pertama di Jeju, Hello Kitty Island ! Nah, di sini itinerary kita udah mulai agak kegeser karena sempat nyasar pas mau nyari bus yang menuju destinasi. Udah jalan muter-muter ngikutin petunjuk Google Maps, ga nemu donk sama haltenya. Puji Tuhan, ada Ocha yang smart, langsung keingat sama counter tourist information yang ada di depan halte Jeju bus terminal, pas nanya, ternyata apa yang kami cari udah ada di depan mata dari tadi, bus nya ada di dalem Jeju bus terminal ! Masih tetep ada untungnya sih, bus nya belom berangkat, karena katanya waiting time buat next bus bakal lama plus perjalanannya juga lama ~ Sedihnya sih adalah turunnya ga persis di depan Hello Kitty nya, melainkan di pinggir jalan di seberang Hello Kitty. Lha, kan tinggal nyebrang ? Iya sih, tinggal nyebrang, tapi nyebrangnya kudu jalan dulu ke ujung jalan ditemani dengan hembusan angin nan dingin. Derita !
Tapi ini semua terbayarkan kok dengan keberhasilan melihat unyu-unyu thing ala Hello Kitty. im not a fan of Hello Kitty, but unyu things never failed to amaze me !
Here comes the prinses Hello Kitty, ini anak niat sih, menyeragamkan dress (plus pink lipstick) nya ama pink-themed Hello Kitty. Haha.
Dan..yang ga boleh terlewatkan tentu saja adalah Hello Kitty Cafe ! Setidaknya mesti nyicipin sesuatu bertema Hello Kitty yang bisa di-instagram or path-kan donk ya.
UNYU DRINK ! Mine is banana flavor ~
Another unyu thing that we are going to see for the next is...Teddy Bear Museum ! Karena udah sore banget, dan considering bakal susah nyari bus, biar cepat sampai, akhirnya kami naik taksi. Terus si supir nawarin kami untuk beli tiket Teddy Bear lewat dia biar dapat diskon. Karena jatuhnya lebih murah, tentu kami oke-in donk. Happy banget walaupun nyampe Jeju udah sore, tetap bisa ke banyak tempat. Tapi, sayangnya kegembiraan ini tak berlangsung lama, karena Teddy Bear Museum nya udah closing time. Hiks. Jadinya cuma bisa foto-foto dari luar deh.
Karena tujuan alternatif lainnya, which is Cheonjiyeon Falls juga ga nemu mesti jalannya kemana, alhasil kami jadi kayak anak ilang. Muter-muter ga jelas sebelum akhirnya balik lagi ke guesthouse. Btw, Jeju pas malem beneran sepi banget dan DINGIN banget. Mematuhi itinerary, untuk dinner kami bakal cari makan sekitar penginapan saja. Kemudian ketemulah sama Chimaek ! Lebih tepatnya, cuma Chi (chicken) nya aja sih, karena kami ga pake Maekju (beer). Hihi.
Saking laparnya, pas udah selesai makan, baru ngeh kalo kita sama sekali ga ada ngobrol or mengeluarkan suara sama sekali. HAHAHA. Khusyuk banget. The power of lapar.
dan karena dak tahan sama udara malam yang terlalu menusuk, kelar makan, kami langsung ngibrit lari balik guesthouse untuk mencari kehangatan dari shower panas dan selimut.


Good night, Jeju !

1 comment:

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...