Thursday, July 25, 2013

#accounting

Berhubung gue sebentar lagi bakal pindah kos dan buku-buku serta bahan-bahan kuliah gue merupakan benda yang paling memenuhi ruangan, gue akhirnya memutuskan untuk mengalihkannya semua ke angkatan bawah saja, siapa tahu mereka membutuhkan, ya? Karena gue sendiri pernah merasakan susahnya kalau mau punya ataupun pinjam buku untuk kuliah (apalagi buku asli, ya?). Masih ingat ketika semester pertama, mata kuliah pengantar akuntansi - yang mana dosennya adalah pembimbing skripsi gue - , mahasiswa lain pada punya buku (asli pula), sedangkan gue cuma bisa bermodalkan buku pinjaman dari library (itupun beda 3 edisi - lebih jadul - daripada yang seharusnya digunakan dalam kelas). Hehehe. Ya sayangnya karena gue ga punya buku sama sekali, jadi gue ga ada tandatangan sang dosen di halaman cover bukunya deh - iri sama teman-teman yang lain - #itupenting!

Lama kelamaan akhirnya bisa dimudahkan juga untuk bisa memiliki buku dan bahan-bahan kuliah lainnya. Jadi akhirnya, gue punya banyak buku! :D Sayangnya, sebagian besar dari buku dan bahan kuliah yang gue miliki udah pernah gue alihkan di semester-semester sebelumnya ke adik kelas. Jadi, yang tersisa hanya sekitar 50 item. So, iseng-iseng gue mengadakan sejenis give away gitu. Gue bakal bagi-bagiin semua buku dan bahan-bahan kuliah yang gue miliki - yang pasti nya berhubungan sama akuntansi semua - ke mahasiswa-mahasiswa angkatan bawah. Biar agak seru, gue tambahin syarat buat yang mau ikutan.

Requirement :
send me a brief summary about why you choose accounting as your major in Binus ? and what have you learned about / from it ?


Picture from : here

and then, let's see some of the summaries that I received :

.....Pertama kali saya tidak begitu tertarik dengan akuntansi karena selama saya berada di SMA, saya tidak mendapatkan pelajaran yang berkaitan dengan akuntansi, karena saat SMA saya mengambil jurusan IPA. Tapi selama menjalankan semester 1 saya mulai mengenali akuntansi itu seperti apa walaupun masih susah untuk dimengerti. terus, akuntansi di Binus itu juga banyak peminatnya dan sekarang ini jurusan akuntansi di Binus udah mendapatkan Grade A. Untuk mencari pekerjaan dengan lulusan akuntansi itu lebih mudah karena lulusan akuntansi banyak yang dibutuhkan di perusahaan-perusahaan, seperti banyaknya lowongan pekerjaan yang di post di grup accounting & finance department. Terus, saya sudah belajar bagaimana cara basic-basic dasar akuntansi dari jurnal sampai worksheet, rasio-rasio mengenai akuntansi, mengerti apa itu MYOB........

- Evi , Binusian 2015 -

.....I choose accounting for my major because the job opportunities are very good and every company that is in definite need of an accountant. I choose to study accounting in Binus because Binus is a university that has a lot of cooperation with many large company (including Big 4). I hope with I study in Binus, I can pass with good grades and work in one of the leading companies, such as the Big 4.....

- Henny , Binusian 2016 -

...alasan masuk jurusan akuntansi di Binus karena saya lebih tertarik ke hitungan dibandingkan dengan teori, dan melihat prospek kerja untuk bidang akuntansi cukup besar...yang sudah dipelajari selama 4 semester ini banyak hal, tidak hanya hal-hal yang berkaitan dengan akuntansi, dari dasar sampai akuntansi keuangan, namun juga mempelajari bagaimana manajemen sesuatu, hingga ilmu entrepreneurship untuk membuka usaha sendiri dan juga mengenai sistem informasi yang berkembang saat ini....

- Sinta , Binusian 2015 -

...Alasan aku masuk jurusan akuntansi di Binus karena kau mau jadi seorang auditor yang baik yang jujur yang bisa buat bangga keluarga aku. Aku pengen bisa jadi seorang yang berpengaruh yang dihormati supaya bisa buat hidup ini lebih baik lagi....

- Vina , Binusian 2015 -

...kenapa saya mengambil akuntansi di Binus ? Sebenarnya kalau dulu saya pasti akan menjawab, karena ingin mencoba keluar ke Jakarta, dan pengennya ke Binus karena hampir semua saudara saya lulusan Binus dan sukses......sesuai dengan saran dari guru, saya ada potensi di akuntansi...orang tua saya tidak setuju saya mengambil akuntansi karena katanya saya gak bakat di sini dan membuat perjanjian, apabila IP saya di bawah 3, saya harus lanjut kuliah di daerah saja. Awalnya saya mengira, saya mungkin salah jurusan, sebab nilai saya biasa saja meskipun masih di atas 3, tapi merasa logika dll nya begitu rendah dibanding yang lainnya, dan dengan pelajaran yang mengglobal yang memulai memakai Inggris, sedangkan Inggris saya pas-pas an dan biasa saja..tapi saya bertahan di Binus sesuai perjanjian saya sanggup  mencapai IP segitu..hingga akhirnya perlahan saya mendalami, menikmati. Saya menyadari, ini memang pilihan saya. Ini bukan terpaksa / karena disuruh. Saya memang menyukai akuntansi. Menyenangkan bisa menghitung dan mengurutkan  transaksi yang terjadi menjadi sebuah jurnal dan alur yang panjang hingga akhir...betapa hebatnya kita bisa meneliti bahwa ini perusahaan memakai fifo ataupun yang lainnya..saya menikmati setiap proses yang ada, meskipun terkadang masih seperti bingung-bingung, dan pilihan saya di Binus tepat, karena di Binus, selain kuliah, memberikan kesempatan bekerja, berorganisasi, menjadi Buddy Coordinator, dll nya...Lebih banyak kesempatan yang ditawarkan selain menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang), jika saya memilih di tempat lain, belum tentu saya bisa menikmati kuliah saya seperti sekarang ini.....saya bisa mendapatkan banyak teman dari organisasi dll nya....binus memfasilitasi mahasiswanya untuk terjun aktif dalam berbagai pekerjaan....
...apa yang sudah saya dapatkan dengan mengambil jurusan ini ? yang pasti saya lebih memahami dalam proses akuntansi, siklus dll nya. dan saya jadi mengerti bahwa akuntansi itu luas adanya, tidak tertutup pada transaksi jual beli barang / jasa saja........

- Gustin, Binusian 2015 -

...alasan saya memilih jurusan akuntansi adalah karena sejak SMA saya sudah beberapa kali mengikuti berbagai lomba akuntansi baik tingkat regional maupun nasional. Maka dari itu, saya berpikir untuk dapat lebih mengembangkan ilmu dan keterampilan saya dalam bidang akuntansi dimana sebelumnya saya juga berminat menjadi seorang pengajar bidang akuntansi...yang sudah saya dapat selama saya kuliah akuntansi dampai saat ini, saya dapat mengerti tentang beberapa cara penerapan metode akuntansi yang tentunya dapat diterapkan dalam keseharian apalagi sebagai pengajar juga di lab akuntansi....

- Rosalina , Binusian 2015 -

....Jurusan akuntansi saya pilih karena dari SMK saya sudah belajar akuntansi dan ternyata saya menyukainya dan ingin belajar untuk mendalaminya...yang telah saya pelajari yaitu saya tahu standar-standar akuntansi dan penerapannya, perkembangan akuntansi saat ini dalam menerapkan IFRS, belajar bagaimana membuat suatu laporan yang sesuai dengan standar dan reliable....

- Velice , Binusian 2014 -

....Saya memilih akuntansi sebagai jurusan kuliah pada awalnya karena pilihan orang tua tetapi setelah mempelajari ilmu-ilmu pengantar pada semester 1 saya menjadi yakin untuk mendalami sungguh-sungguh akuntansi baik dalam perkuliahan dan menjadikan akuntan/auditor sebagai profesi......yang saya pelajari selama perkuliahan adalah ketelitian, kecermatan analisa keuangan dan strategi bisnis, dan tentunya ilmu serta pengetahuan luas mengenai  kondisi ekonomi dan bisnis baik di dalam maupun di luar negeri...saya harap saya bisa membagi dan menyebarkan semangat positif dan tekad untuk menang kepada semua orang sebab tak ada kebetulan di dunia ini, semua makhluk hidup diciptakan dengan tujuan hidupnya masing-masing, Mari bersama kita menjadi terang untuk orang-orang di sekitar kita :D .....

- Angelina , Binusian 2014 -


Terima kasih teman-teman yang sudah memberikan summary-nya :) 
So Inspiring !


N.B : Banyak teman-teman yang bertanya kenapa gue memberikan semua buku yang gue miliki, dan mungkin ada yang berpikir gue sombong dsb karena udah lulus jadi seolah-olah ga perlu / membutuhkan lagi...ya, everyone has their own argument, tapi, bagi gue sendiri, ilmu itu sepertinya lebih enak kalo dibagi-bagi / diteruskan, ya? dan ini salah satu cara yang gue lakukan :)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...