Friday, July 18, 2014

Definisi Pulang ke Rumah : Surga Makanan.

Setelah menunda-nunda sekian lamanya dan bosan ditanyain kapan pulang terus sama papa mama, akhirnya gue balik tanggal 11 Juli minggu lalu. Tugas utamanya sih mau perpanjang KTP yang udah kadaluarsa pas ultah bulan lalu sama ngurusin SPT Tahunan gue yang ga tau kenapa katanya bermasalah (padahal pajak nya nihil -.-). Terlepas dari kedua tugas tersebut, sesungguhnya sih pengen liburan leyeh-leyeh aje (terus diketawain temen-temen kantor gara-gara ngomong mau liburan tapi kok pulangnya cuma bentaran). Kan karena aku cinta kantor, aku berdedikasi kalo kelamaan pulangnya, bisa-bisa gue ga ada yang ngenalin begitu balik...karena kebanyakan makan :(

Tiket PP ga terlalu mahal menurut gue, walaupun bikin tabungan semakin terkuras huikss. Beruntungnya sih dapet harga promo untuk tiket balik ke Jakarta nya, cuma sayangnya ya jadwal yang pagi. No prob deeh demi hemat hehehe.

Sehari sebelom balik, buru-buru kelarin kerjaan dll. Fiuh ~

Surga...makanan. Definisi gue kalo balik ke rumah. Gimana enggak, setibanya gue di rumah, langsung disodorin hainam ayam khas mama.

Hainam khas mama.
Selesai makan, langsung capcus ke kantor catatan sipil, daftar perpanjang katepe dan foto. Niatnya mau sekalian rekam e-ktp, tapi apa daya mesinnya lagi rusak :( bentaran doank ngurusnyaaa, ga nyampe 10 menit, bzbzbzbz. Abis dari sana, langsung bonceng si mama ke pasar, yang bikin gue bisa menikmati menu berikutnyaaa ~

nyampe di pasar, dibeliin coi pan :)

Udang Rebus !
Ga nanggung-nanggung, si mama beli 1 kilo dan yang ngabisin cuma gueee sendirian huahahhahaha. Langsung alergi gatel-gatel tapi bodo amat yang penting nikmat ! Tapi dibagi 2 sesi sih ngabisinnya huehehehe. Anggep aja snack sore, ya ?
 
Malemnya, makan pare ! Gue cuma makan beberapa helai sih, yang makan sebenarnya cuma si papa. Gue jatahnya ngabisin hainam si mama yang ga pernah bisa nyantai kalo masak - yang makan cuma bertiga, masaknya pasti porsi satu erte -

Jatah si papa.
Hari sabtunya, dimasakkin berbagai jenis sayuran (karena dianggap di Jakarta gue ga pernah makan sayur). Terus tiba-tiba mama kepengen bikin kue, gue ga tau nama kue nya versi Indonesia, tapi kalo Hakka, namanya HamPan. Ham = asin. Pan = Kue. Terjemahannya ?

HamPan (Hakka)
Malamnya, Gangan Belitong khas Mama !
Gangan Belitong
Gangan..ditambah nanas dan kol, spicy & yummy !
 
Minggu pagi, Yammien Belitong Achoi tentu ga boleh dilewatkan kalo balik ke sini. Taktik mama : take away aja, karena pasti porsinya lebih banyak daripada kalo dine in. Mhuahahaha. Sempat loyo ketika lihat antriannya yang banyak banget, tapi lihat gadis manis cantik kayak gue Tuhan memang baik, penjualnya jadi bikinin pesanan gue duluan. Yippie !
Yammien Belitong Achoi ! *nonhalal
Makan siang : ikan kerisi bakar.
Kerisi. Jarang nemu di Jakarta.
Talam. Snack Sore.
Malamnya ? Songsui ! Menu wajib juga.
Songsui !

Mama juga ada bikin sate babi ! dibagi 3 buat gue, cici sama koko. otentik khas mama.
Yum !
Hari Senin-nya, sibuk. Ngambil katepe, urusin masalah SPT, bantuin papa stock barang, beli oleole. Siangnya sempat terjadi insiden yang ga diduga. Gue jatoh dari motor, alhasil baret-baret di kaki tangan huikks..Tapi ga mengganggu kenikmatan makan crab masakan mama doonk huehehehe.
Crab masak arak ala mama. Ini cuma sebagian, aslinya ada sepanciii ~
dan satu lagi..entah apa nama Indonesianya, yang jelas mama nama-in Lumpah Darat !

Lumpa darat :D

Yak sekian kuliner gue di rumah, sebenarnya masih banyak sih masakan yang ga gue post, lebih tepatnya ga gue foto saking udah ga sabaran buat makannya, kayak kepiting rajungan, ayam arak, dll, huehehe.
 
Memang, masakan mama itu adalah yang the best ! Selain karena gretongan, terlebih adalah karena masaknya pake cinta kasih ke anaknya. Hihi.
 
I'll come back again soon ! :*
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...