Tuesday, June 23, 2015

Chapter #2 : To travel is to take a journey into yourself (Danny Kaye)


05 June 2015.
Pagi ini diawali dengan jalan pagi ke The Ruins of StPaul's (大三巴牌坊). Cuaca lagi bagus. Suasana hati juga ikutan bagus deh. Bersyukur banget dapat penginapan dekat Senado, cuma perlu jalan kaki ke The Ruins nya. Let's go !
Di the Ruins juga ada taman sekaligus tempat buat olahraga gitu. Alat-alatnya unyu banget, kayak yang ada di tempat gym. Gratis pula :D
Pas jalan turun balik lewatin pasar, tiba-tiba ngiler liat jajanan pasar. Ada tante-tante jualan cong fan gitu, cuma 9 MOP. Bagi dua deh sama Kristi.
Selanjutnya, sarapan di Sheng Kee ! Ada onde-onde, bubur, cakwe, kue ubi dan es susu kedelai cincau dengan total pengeluaran sekitar 50 MOP. Yang recommended sih cakwe nyaa, enak banget. Buburnya juga oke, tapi ga disarankan pesan bubur yang polos sih, soalnya beneran polos, cair dan rada hambar. Better pesan bubur yang ada isinya.
Udah kenyang ? Belum ! Kristi ahli banget nih kalo liat makanan enak, padahal tempatnya nyempil masuk jalan kecil gitu. Dumpling (tapi ga halal) yang uenak tenan ini beli empat biji harganya cuma 12 MOP. Yum!
Udah jauh-jauh ke Macau, minumnya tetap Gong Cha dong. Saking kepengennya, pas lagi makan di Sheng Kee kan masih jam sebelas kurang, nah si Letsa setiap 5 menit pasti keluar buat ngintip-in si Gong Cha ini udah buka apa belum. Niat kan. Sampai akhirnya kita selesai makan dan hasil intipan ke-sekian kalinya si Letsa ga membuahkan hasil, jadinya kita pasrah aja ga jadi beli. Eh, emang Tuhan itu baik ya, pas lagi beli dumpling, yang tempatnya sederetan sama Gong Cha, sreet, Gong Cha nya bukaa, hahaha. Kesampaian deh.
Sekitar jam setengah duabelas kita udah nyampe lagi di hotel buat check out. Tadinya kita pikir mau gerek koper aja jalan ke Lisboa buat naik bus ke Macau Ferry. Si Letsa udah ancang-ancang aja tuh kudu ngangkatin koper supernya itu. Tapi untungnya sempat nanya orang hotelnya kalau mau ke Macau Ferry bisa naik apa ga dari dekat hotel. Ternyata bisa! Dekat pula jalannya, tinggal keluar ke jalan raya, cari tempat bus parkir, naik bus nomer 3A dan bayar 3.2 MOP, turun di terminal maritimo, sampai deh kita persis di Macau Ferry Terminal. Ga perlu yaa dideskripsikan betapa senangnya si Letsa pas denger kalo kita ga perlu gerek koper jalan ke Lisboa. Lucky youuu Sa ~
Sampai di Macau Ferry Terminal, jalan masuk ke lantai dua untuk counter pembelian tiket. Tadinya mikir masih sempat kalau kita mau jalan-jalan ke Fisherman Wharf dulu, tapi ternyata ga bisa. Mepet banget waktunya. Kami dapat tiket Turbojetnya (MOP 153) dengan jadwal keberangkatan 1.05 PM, sedangkan waktu udah menunjukkan pukul 12.45 pas gue lagi beli tiket. Yang bikin tambah panik adalah di tiketnya ditulis kalau minimal lima belas menit sebelum keberangkatan udah harus siap di tempat keberangkatan. Nguks, lari !

Wait, gue belom bilang ya kami ini mau kemana? haha. Saking paniknya, maklum ya. Next stop kita adalah ShenZhen, yay ! Tapi mampir lewat dari Hong Kong. Kenapa ? Karena kalau kalian sadar, perjalanan kami ini kebalikan dari kebanyakan orang biasanya, mostly kan pada rutenya Hongkong - ShenZhen - Macau, nah, karena pengennya #antimainstream (padahal sebenarnya karena tiket pesawatnya lebih murah kalau pergi Macau pulang HK), jadinya rute kami kebalik total, Macau - ShenZhen - Hongkong.

Nah, berhubung ketika ngubek-ubek dan searching di Google ga pernah nemu hasil yang bisa benar-benar meyakinkan tentang apakah kita bisa urus Visa on Arrival langsung jika kita sampai di ShenZhen lewat Macau (bahkan nelpon kedutaannya pun mereka ga tau), makanya kita ambilnya jalan aman aja, dari Macau ke Hongkong dulu,  baru abis itu dari Hongkong lanjut ke ShenZhen. Dalam satu hari keliling tiga negara, #antimainstream kann ?

Okeh, balik lagi ke cerita Turbojet, pas sampai di tempat nunggu keberangkatan, antriannya panjang banget, sempat was-was apakah kita bakal ditinggal apa ngga. Syukurnya ngga. Buru-buru cap imigrasi keluar, nunggu lima menit, naik ke turbojet !
Sempat isi imigration (arrival/departure) card Hongkong di dalam turbojet sebelum akhirnya ketiduran pules dan kebangun tepat pas sampai di Hong Kong. Keluar dari imigrasi Hongkong, nongol-nongol di dalam mall (kalau ga salah sebelahnya Harbour City), langsung nanya information center gimana cara buat ke Lo Wu. Disaranin buat jalan kaki ke Austin station, terus naik ke arah Hung Hom, pindah jalur ke arah Lo Wu. Lumayan juga sih jalan kakinya dari mall itu ke Austin. Sesampainya di Austin, langsung beli Octopus Card perdana, seharga HKD 100 (udah ada isi HKD 50). Kita additional top-up HKD 100. Dari Austin ke Hung Hom cuma dua station aja, tapi dari Hung Hom ke Lo Wu sekitar 50 menit, Octopus kepotong sekitar 40 HKD. 

Sampai di Lo Wu, keluar imigrasi Hongkong dan jalan masuk ke imigrasi ShenZhen di Luo Hu. Naik ke lantai atas (Port Visa) untuk urus Visa on Arrival di ShenZhen, semuanya serba cepat, isi formulir, ambil nomor antrian, dipanggil ke loket administrasi buat serahin formulir dan passport, lanjut ke loket pembayaran (CNY 168), dan kemudian ambil balik passport yang udah ada visanya. Voila, selesai ! Langsung turun lagi ke bawah masuk ke imigrasi ShenZhen. Everything went soooo smoothly, termasuk imigrasi passport. Sampai tiba di antrian imigrasi keluar yang mengharuskan kita untuk scanning tas dan bagasi. Di sinilah drama kembali terjadi. 

"Show me your passport" ucap petugas imigrasi ke si Galuh.
"You too, show me your passport" lanjutnya sambil menunjuk Kristi yang berada di belakang Galuh.
Begitu dua passport ada di tangan si petugas dan dia mengangguk-anggukkan kepala, gue kira udah fine donk ga ada masalah.
"Follow me" katanya kemudian, menatap kedua temen gue yang malang itu. Deng ! Ada apa nih.
"Cik cikk, ikut ciikk.." muncul sinyal SOS dari Galuh.

Akhirnya gue ikutan ngekor juga. Mereka dibawa masuk ke satu ruangan gitu, gue tungguin di luar. Kayaknya sih ya mereka kena random checking gitu deh. Apalagi si nona Galuh kan berbeda banget tampilannya. Kalo Kristi mungkin karena doi pas ada di belakangnya si Galuh. Ngakak banget deh kalo diingat kembali kejadian ini. Pas mereka bebas keluar, diceritain kalo didalamnya di scan ulang full body sama ditanya-tanyain singkat tentang tujuan ke ShenZhen. Bruakakakaka, poor you bothh  :'D
Pengalaman yang tak terlupakan, ya ? Hahaha. Kelar urusan imigrasi, langsung cari jalan keluar menuju MTR. Sebelumnya, si Galuh sempat ke money exchange buat nuker duit dulu. Sampai di MTR station, tahap pertama adalah beli kartu. Shen Zhen Tong. Meskipun ada pilihan English di mesinnya, tapi doi kagak mau berubah jadi menu English hahahaha. Alhasil pake menu Chinese deh. Nah, buat yang jalan-jalannya tanpa ada yang bisa mandarin, kalau ga salah ga bisa beli di customer service, tapi sepertinya bisa beli langsung di stand yang ada penjualnya. Bentukan kartunya unyu-unyu, ada karakter yang piggy, hello kitty, doraemon dan ada yang standard biasa. Harga untuk yang karakter, CNY 100 (udah ada saldo CNY 65).

Di ShenZhen kami menginap di hotel Lee Garden Inn, terletak di kawasan DongMen. Lupa buat foto-in hotel dan kamar nya saking udah capeknya. Cuma taroh koper, abis itu lanjut cari makan di DongMen street. 
Lihat ga ada gambar yang menarik perhatian. Kristi yang instingnya paling kuat terhadap makanan langsung menyadari posisi restoran yang sedang kami cari. Modern toilet restaurant. 
Tempatnya unik dan lucu. Niat abis dekorasinya. Total pengeluaran berlima buat makan malam di sini sekitar CNY 400. Selesai makan, karena udah pada capek habis keliling tiga negara, jadinya diputuskan untuk balik ke hotel dan istirahat aja. Oh ya, FYI, di Lee Garden Inn, Wi-Fi nya rada ga bagus, koneksi nya putus-putus dan lambat, jadi agak kzl, belum lagi ditambah dengan banyak situs yang ga bisa diakses, seperti Google, Line dkk.
Can't wait to explore the world tomorrow ~~

No comments:

Post a Comment

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...