Tuesday, December 30, 2014

22 Hours of Happiness

Menurut gue, tradisi atau budaya masyarakat Tionghua itu ga ada habisnya, seperti salah satu tradisi yang katanya jika wanita sudah memasuki usia 60 tahun, mesti ada perayaan ulang tahun.

Berhubung si mama tahun ini udah genap 60 tahun (dihitung berdasarkan tanggalan Chinese), maka tentunya beliau kepengen ulang tahunnya dirayain donk. Katanya mau kecil-kecilan aja, ga perlu mewah, yang penting dirayain. Karena biasanya cuma dirayain sama keluarga kecil aja, harapannya kali ini bisa ngundang teman-teman dekatnya untuk datang juga. Gue sama cici saranin si mama ngerayainnya di resto aja, biar gampang dan ga capek, terus kita juga udah kasih angpao ke mama buat dipake untuk makan-makannya, eh ternyata si mama maunya masak sendiri terus ngerayain di rumah. Hadeh, itu ga kebayang deh capeknya gimana, secara kita semua tau kalo si mama udah turun tangan masak, pasti ga nanggung-nanggung, apalagi mau ngundang temen, pasti heboh masaknya, terus ga ada yang bantuin.

Gue sama cici udah dari jauh-jauh hari bilang kalo kita ga bisa balik buat bantuin dan ngerayain, karena ga bisa lepas dari kerjaan, si mama sih bilangnya gapapa, tapi keliatan sih beliau sedih, anak-anaknya ga ada yang pulang nemenin. Seminggu sebelom dia ulang tahun, pas ngobrol di telepon, mama bercanda kalau dia mau nya gue balik ke Belitung sebagai kado ulang tahunnya, pengen ada anak yang nemenin dia pas ulang tahun. 

Akhirnya, tanpa mikir panjang, gue memutuskan untuk balik. Langsung beli tiket PP Jakarta-Belitung untuk tanggal 06-07 December 2014. Untungnya, ulang tahun mama jatuh di hari Sabtu, yang berarti kemungkinan besar gue bisa pulang kalau ga diminta untuk masuk kantor. Tentunya ga ada yang tau donk kalo gue bakalan balik, kecuali cici gue sama Albert. Temen-temen kantor juga kebanyakan H-1 baru tau, terus bilang gue udah gila cuma pulang semalem, haha. Apa boleh buat, demi emak tercinta !

06 & 07 December 2014
06 December 2014
Nyampe di Belitung kurang lebih jam 8 pagi. Cuma bawa 1 tas kecil sama nenteng birthday cake yang dibeli satu malam sebelumnya di Dapur Cokelat. Pas nyampe depan rumah, gue kepikiran pengen isengin si mama, jadinya gue telepon dulu..

Mama : Halo
Gue : Halo Ma, selamat ulang tahun yaa, semoga sehat selalu..
Mama : (seneng) iya, terimakasih yaa, mama lagi masak nih
Gue : Kok ga ngundang aku untuk makan sih Ma ?
Mama : Ya kamu naik pesawat balik dong ke rumah kalau mau diundang makan-makan hahaha
Gue : bener yaa ? nih aku udah di depan rumah, bukain pintu donk
Mama : ah, masa ? kamu jangan bercandain mama donk, bikin mama seneng doank
Gue : beneran, masa ga percaya sih ? bukain pintuuu
Mama : ga percaya, mana mungkin, orang semalem kamu pulang kantor nyampe kos aja udah jem 2 pagi, mana mungkin sekarang balik
Gue : beneran maaaa, buruan bukain pintuuuuuu...

Ga lama kemudian, nongol deh si mama di depan pintu dengan wajah ter-sumringah yang pernah gue liat. Begitu juga dengan si papa yang baru tau gue pulang pas beliau udah balik dari pasar setelah sebelumnya si mama ikutan isengin si papa. Jadi ceritanya, pas gue lagi di depan rumah isengin si mama tadi, ada temennya papa yang lewat terus ngeliat gue. Kemudian pas ketemu papa di pasar, dia cerita ke papa kalo dia liat ada cewek berkacamata bawa tas berdiri lama di depan rumah. Si papa tentu penasaran donk, jadi nelpon mama buat nanya, tapi mama malah iseng bilang ga ada siapa-siapa yang ke rumah, haha. Terus rasa penasaran papa semakin menjadi-jadi karena pas nyampe rumah, beliau liat sepatu gue nangkring di garasi dan pada akhirnya menemukan gue lagi tidur di kamar.

Ini perayaan ulang tahun tercapek tapi juga ter-happy yang pernah gue lalui. Bantuin si mama masak plus icip-icip, beresin rumah, cuci-cuci, nemenin tamu ngobrol. Tapi semuanya terbayarkan kok pas ngeliat happy-nya si mama :') Apalagi yang beneran capek ya si mama sendiri, masak seharian non stop, sedangkan gue, masih sempet tidur siang bentar karena udah capek banget ditambah kurang tidur.

Finally, semuanya kelar tepat waktu. Mama masak 8 jenis makanan, 8=ba, kalo di Chinese, nadanya mirip sama fa, artinya makmur. 8 jenis makanan antara lain ada mi ulang tahun, tahu tim, babi tim, sop babi, capcay, ayam goreng, ayam arak, dan sop kepiting. Fyi, semuanya habis hampir ga ada sisa. Unbelievable, secara menurut gue, porsi masakan mama tuh udah over banget, sedangkan tamunya cuma sekitar 20 orang, tapi ternyata tetep abis loh. Udah tau kan artinya apa ? masakan mama super enak ! bikin nagih !

all made by mom. ini cuma sebagian loh, aslinya mah berpanci-panci ~
Sekitar jem 7 malam, teman-teman mama pada dateng semua. Beberapa ada yang bawa kado, walaupun udah dibilangin sama mama jangan bawa apa-apa. Mama bilang, baru kali ini dia merasakan ngerayain ulang tahun bareng teman-temannya. Walaupun capek masak tapi super happy. Sebagai anaknya, gue tentu ikutan happy donk, walaupun ada satu hal yang bikin sedih, gara-gara sibuk bantuin sana-sini, baru nyadar kalo gue ga ada foto sama emak gue sendiriii, adanya malah gue yang foto-fotoin. Yasudahlah ya, haha, yang penting semua happy !

Foto sama papa dulu ~
sama tante-tante sohib mama
kloter kedua
Happy birthday ya Ma :) Walaupun kita sering berantem, aku tetep sayang mama. Semoga tahun depan pas mama ultah, aku bisa nemenin mama lebih lama lagi, ga cuma satu malem aja :')

Happy Birthday Ma, semoga Tuhan selalu memberkati mama :)

07 December 2014
Time to go back to Jekardah. Sekitar jam 6 an pagi, gue udah dijemput buat ke bandara. Keliatan banget si mama ga rela gue balik, bilangnya gue tega banget balik cuma satu malem, haha. Next year ya Ma, semoga bisa lebih lama lagi. Terima kasih atas senyum sumringah mama selama 22 jam ini. Happy !

P.S : seolah ga inget sama umur, pas malem, gue ga mau tidur sendiri di kamar, maunya tidur sama papa mama, emang dasar anak manja huehehe :')


4 comments:

  1. Happy belated birthday ya tante, seneng banget Anni bacanya :")

    Bisa ngebayangin gimana happy-nya mami kamuuu :D

    ReplyDelete
  2. Super daughter! Keren deh untold story nya. Ceritanya mama Batam Dine mau ultah nih yang ke 60, makanya nyari2 ide gimana kasih surprise... Yours is great! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Batam Dine and happy belated birthday yaa to your mom :) semoga sehat selalu :)

      Delete

Featured Post

8 Days Trip : Macau - Shenzhen - Hongkong (Prologue)

Liburan bareng ke luar negeri yuk ! Ide yang tercetus saat lagi mumet selama peak season tahun lalu. Berawal dari sanalah, semua persiapan m...